Carseat Review: Nuna Rava

Harga: ***

Nuna adalah sebuah merk asal Belanda yang memproduksi berbagai produk kebutuhan bayi dan anak mulai dari kereta dorong, carseat, bouncer, hingga kursi makan. Nuna Rava adalah tipe convertible carseat satu-satunya yang dikeluarkan di Amerika, terlihat dari penggunaan klip dada pada harness. Dapat mengakomodir dari bayi baru lahir hingga kira-kira usia 5 atau 6 tahun. Bisa digunakan baik posisi hadap belakang (rear-facing) dan hadap depan (forward-facing). Adanya harness yang bisa diubah dengan hanya menarik sandaran menambah kenyamanan dan keluwesan dalam pemakaian. Nuna Rava mermiliki desain elegan dan penggunaan bahan yang khas seperti produk Nuna lainnya. Bahan yang digunakan berupa busa empuk tebal dan dilengkapi insert untuk bayi yang ergonomis. Salah satu fitur yang menarik pada Nuna Rava dan tidak dimiliki oleh carseat yang lain adalah cara merubah posisi sandaran. Alih-alih dengan menarik tuas yang berada di depan bawah carseat layaknya carseat lainnya, kita bisa menekan di sebuah tombol di sisi samping sembari mendorong carseat pada porosnya. Terpampang jelas angka yang menandakan semakin rendah angka tersebut maka posisinya akan semakin tegak. Nuna Rava juga memiliki senderan kaki yang bisa dikeluarkan sesuai kebutuhan. Dibalik kover tempat duduk, terdapat 2 kompartemen yang dapat dibuka. Masing-masing untuk menyalurkan seatbelt untuk pemasangan posisi hadap depan dan hadap belakang. Jangan khawatir, terdapat juga fitur tambahan berupa slot untuk menaruh botol minuman masing-masing satu di kanan dan kiri yang kapan pun bisa ditekuk disimpan atau dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi

  • Rear-Facing: 2.3 kg sampai 23 kg atau tinggi dibawah 124.5 cm. Disarankan pemakaian setidaknya sampai usia 2 tahun
  • Forward-Facing: 11.3 kg sampai 29.5 kg atau tinggi dibawah 124.5 cm. Disarankan pemakaian setidaknya usia 2 tahun dan lebih tua
  • Harness dan tinggi sandaran yang dapat diubah sampai 10 posisi
  • 10 posisi sandaran: 5 posisi sandaran rear-facing, 5 posisi sandaran forward-facing
  • 2 lapis perlindungan samping (Side Impact Protection)
  • Termasuk bantalan badan bayi
  • 2 posisi gesper selangkangan (crotch buckle)
  • Ekstra ruangan kaki
  • Terdapat LATCH (Lower Anchor and Tethers for Children) dan tidak ada ISOFIX
  • Penggunaan sistem pemasangan true tension
  • 2 slot botol yang bisa dilipat

Data Fisik

Panjang x Lebar x Tinggi: 40.6 cm x 48.3 cm x 63.5 cm

Berat Produk: 12.3 kg

Sertifikasi: Tersertifikasi Amerika, serta bisa digunakan di pesawat

Material

Cangkang yang digunakan oleh Nuna Rava berupa plastik berkualitas tinggi  yang diperkuat dengan baja pada intinya. Nuna Rava juga menggunakan bahan rajutan tebal dan nyaman yang “dapat bernafas” sehingga anak-anak tidak gerah. Terdapat ventilasi pada panel sehingga lebih sejuk.

Terdapat bantalan bayi yang sangat empuk yang cukup menyangga badan dan kepala bayi yang beratnya kurang dari 5 kg.

Instalasi

*Diwajibkan membaca manual dahulu sebelum memasang Carseat*

Unduh disini.

Nuna Rava bisa diinstalasi dengan menggunakan seatbelt 3 titik, seatbelt 2 titik, dan LATCH. Sistem pemasangan true tension (sistem tegang) membuat ada 2 kompartemen yang terdiri dari 1 kompartemen pemasangan hadap belakang dan 1 kompartemen pemasangan hadap depan. Pemasangan dengan menggunakan sistem tegang ini memudahkan instalasi karena cukup membuka kompartemen, seatbelt dialurkan melewati dalamnya, seatbelt ditarik dan dikencangkan dari arah keluarnya seatbelt di badan mobil, kemudian tinggal ditutup kompartemennya. Sistem tegang ini  berfungsi sebagai sistem kunci seatbelt.

Dilengkapi dengan SIP (Side Impact Protection) tambahan yang bisa dilepaskan. Pelepasan SIP ini dilakukan saat menaruh carseat dibagian samping mobil. Jika menaruh di samping kanan atau kiri, maka lepaskan SIP di bagian yang langsung bersampingan dengan pintu mobil. Apabila meletakkan carseat di tengah,tidak perlu melepaskan SIP. SIP tambahan ini berfungsi untuk meredam gaya tabrakan yang terjadi jika terjadi tabrakan dari arah samping.

Rear-Facing

Sebelum memasang carseat dalam kondisi rear-facing, pastikan dulu anak mau dalam kondisi kemiringan mode berapa. Untuk bayi yang belum memiliki kemampuan menopang badan, wajib menggunakan mode reclining 10 atau yang paling miring. Untuk anak yang sudah besar bisa menggunakan sampai mode 6 dan dilepaskan sandaran kaki untuk memberi ruang lebih pada kakinya. Nuna Rava pada kondisi reclining maksimal (mode 10) masih lumayan menyisakan ruang diantara carseat dan jok depan pada Honda HRV (subcompact car)

Pemasangan menggunakan seatbelt 3 titik

Saat hendak memasang seatbelt, lepas kancing kover badan agar dapat disingkap kompartemen sistem tegangnya. Untuk posisi hadap belakang, kompartemen ada di bagian dudukan. Kompartemen hadap belakang juga merupakan tempat penyimpanan buckle untuk pemasangan menggunakan sistem LATCH. Kemudian buka slot botol agar bisa dialurkan seatbelt melewatinya. Setelah melewati slot botol sisi satu laginya, masukkan ke buckle seatbelt. Jangan lupakan tahap menarik sisa seatbelt ke arah keluarnya seatbelt sembari menekan carseat agar carseat terpasang dengan kencang. Tutup kompartemen. Tes dengan cara menggoyang-goyangkan carseat, jika carseat masih bergoyang lebih dari 2.5cm, maka ulangi lagi dari tahap menarik sisa seatbelt. Pada pemasangan hadap belakang menggunakan cara apapun, tether atas (sabuk kait yang ada di bagian belakang carseat) tidak boleh dipasangkan dengan sistem tether pada mobil.

Pemasangan menggunakan seatbelt 2 titik

Cara pemasangannya relatif sama dengan penggunaan seatbelt 3 titik, hanya saat seatbelt dimasukkan ke buckle, sisa seatbelt yang berlebih ditarik sehingga seatbelt terpasang tegang dan kencang. Setelah itu baru kompartemen ditutup. Jangan lupa mengetes untuk menggoyang-goyangkan carseat apakah bergeser lebih dari 2.5cm atau tidak.

Pemasangan menggunakan LATCH

Sistem LATCH bisa dikeluarkan dari kompartemen hadap belakang, kemudian dikeluarkan dari slot yang berada dibalik slot botol. Cantelkan kepada besi kait yang ada di kursi. Setelah dikencangkan, jangan lupa untuk mengecek apakah carseat bergeser lebih dari 2.5cm saat digoyangkan

 

Forward-Facing

mode reclining untuk hadap depan tersedia pada mode 1-5 dengan mode 1 paling tegak. Pastikan anak menginginkan tingkat kemiringan seberapa sebelum carseat dipasang.

Pemasangan menggunakan seatbelt 3 titik

Saat hendak memasang seatbelt, lepas kancing kover badan agar dapat disingkap kompartemen sistem tegangnya. Untuk posisi hadap depan, kompartemen ada di bagian sandaran. Masukkan seatbelt dari bagian samping senderan (ada tandanya), alurkan ke dalam kompartemen dan masukkan ke buckle seatbelt sisi lainnya. Jangan lupakan tahap menarik sisa seatbelt ke arah keluarnya seatbelt sembari menekan carseat agar carseat terpasang dengan kencang. Tutup kompartemen. Tes dengan cara menggoyang-goyangkan carseat, jika carseat masih bergoyang lebih dari 2.5cm, maka ulangi lagi dari tahap menarik sisa seatbelt. Pada pemasangan hadap depan, apabila mobil sudah dilengkapi dengan bar tether, tether atas (sabuk kait yang ada di bagian belakang carseat) harus selalu dipasangkan. Letak bar tether bervariasi tiap mobil, ada yang di langit-langit, ada pula yang di lantai jok belakangnya.

Pemasangan menggunakan seatbelt 2 titik

Cara pemasangannya relatif sama dengan penggunaan seatbelt 3 titik, hanya saat seatbelt dimasukkan ke buckle, sisa seatbelt yang berlebih ditarik sehingga seatbelt terpasang tegang dan kencang. Setelah itu baru kompartemen ditutup. Jangan lupa mengetes untuk menggoyang-goyangkan carseat apakah bergeser lebih dari 2.5cm atau tidak.

 

 

Pemasangan menggunakan LATCH

Sistem pengikat LATCH yang berada di kompartemen hadap belakang, dipindahkan ke atas mengikuti batang logam yang ada di tengah sampai berada di kompartemen hadap depan. Kemudian keluarkan kedua buckle LATCH melalui masing-masing sisi lobang alur seatbelt hadap depan. Kemudian pasang di bar tether yang berada di sela-sela senderan dan kursi. Kencangkan tether. Seperti biasa, jangan lupa untuk tes menggoyangkan carseat apakah sudah tidak bergerak lebih dari 2.5cm.

Three in a Row

Apakah Nuna Rava bisa digunakan dalam keadaan tiga carseat pada 1 baris?

Jawabannya bisa, tapi dengan beberapa kondisi.

Nuna Rava memiliki dimensi lebar yang cukup lumayan, yakni 48.3cm atau 19 inchi. Saya mencoba uji three in a row  pada mobil Honda HRV yang merupakan tipe subkompak besar. Yang saya gunakan selain Nuna Rava adalah Diono R100 dan infant carseat Joie Juva 0+ yang masing-masing memiliki lebar 43.2cm atau 17 inchi dan 41.5cm atau 16.3 inchi. Kombinasi ini cukup pada mobil subkompak besar baik dalam keadaan Nuna Rava dan Diono R100 hadap depan maupun hadap belakang. Infant carseat model dan merk lain selain Joie Juva 0+ juga bisa digunakan mengingat dimensi lebar infant carseat yang memang lebih kecil daripada convertible carseat.

Saya juga menggunakan Diono R100 dan Nuna Rava pada mobil subkompak lebih kecil, yakni Mitsubishi Mirage. Tidak bisa digunakan carseat lain di sisi tengah. Di sisi tengah hanya bisa diduduki anak kecil atau hanya menjadi tempat menaruh barang

Cocok Untuk Anak

Model adalah balita berusia 3.5 tahun yang memiliki berat 15 kg dan tinggi 107 cm. Adanya sandaran kaki tambahan yang bisa dikeluarkan membuat anak lebih nyaman dan memperpanjang durasi penggunaan hadap belakang. Selain itu, adanya 5 mode reclining pada hadap belakang juga menambah kenyamanan hadap belakang bagi anak yang sudah lebih besar. Terdapat 2 posisi gesper pada selangkangan yang dapat dengan mudah diatur sehingga mengakomodir anak sesuai dengan bentuk fisiknya.

Untuk penggunaan extended rear-facing anak masih nyaman untuk kelima mode, ditambah adanya tambahan senderan betis membuat kaki anak lebih terfasilitasi kenyamanannya.

Senderan dalam kepala cukup lebar, membuat anak tidak berasa terkungkung dengan jarak yang terlalu sempit. Namun, saya merasa posisi tempat harness keluar terlalu sempit, sehingga beberapa kali anak saya mengeluh bantalan busa harness mengenai lehernya saat saya hendak mengencangkan harness.

Kemudahan Penggunaan

Sudah memiliki adjustable harness atau senderan yang dapat diubah semudah menarik tuas diatasnya. Ini memudahkan pengaturan posisi senderan yang tepat untuk anak tanpa harus menaikkan dan menurunkan anak. Begitu juga fitur reclining yang unik membuat kita mengatur kemiringan posisi anak dengan sangat mudah. Sistem pemasangan tensi juga mempermudah pemasangan carseat karena menjadi sistem kunci seatbelt sehingga usaha yang digunakan untuk mendapatkan carseat yang tidak bergoyang lebih mudah. Penggantian mode posisi gesper juga cukup unik, karena tinggal menekan dan menggeser slot, cukup sederhana.

Nuna Rava memiliki nilai tambahan lainnya, banyak terdapat panduan pemasangan dan keterangan carseat pada bagian kover, badan samping carseat hingga kompartemen dalamnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan cheat sheet pemasangan tanpa harus bolak balik melihat manual.

Pemasangan kait harness bisa sendiri-sendiri tanpa perlu harus simultan mengaitkan kedua ujung harness pada gesper selangkangan. Mekanisme pelonggaran dan pengencangan harness cukup mudah karena tinggal menarik tali indikator dibawah selangkangan anak. Saat ingin melonggarkan harness tinggal menekan tombol diatas tali indikator sembari menarik harness dari arah bahu anak.

Nuna Rava dibekali kover yang bisa dibuka dan dipasang dengan mudah apabila kita hendak mencuci sendiri. Kover bisa dicuci menggunakan air dingin dan deterjen memggunakan mesin cuci. Semua bagian dapat dilepas termasuk pad bahu. Cover carseat utama ada 2 buah, yaitu yang melingkupi badan utama danyang ada di bagian headrest. Tambahan 2 buah sandaran bayi, yaitu satu penopang badan dan satu penopang kepala bayi. Selain itu ada harness pad berjumlah 2 buah dan pad gesper selangkangan berjumlah 1 buah. Dibalik kover pengaman kepala samping terdapat lapisan styrofoam.

Dengan berat 12 kilo, menurut saya carseat ini berat untuk dipindahkan antar mobil. Carseat ini cocok menjadi carseat utama. Biasanya, berat 12 kilo dimiliki oleh carseat 3 in 1 yang bisa menopang dari bayi baru lahir sampai penggunaan booster. Namun, untuk Nuna Rava, beratnya yang signifikan ini masih termaafkan oleh saya jika mengingat fitur yang ditawarkan.

Kesimpulan

Nuna Rava menang untuk urusan desain dan kenyamanan yang disertai dengan fitur dan aksesoris luar biasa. Harga di pasaran juga cukup murah untuk kualitas yang didapatkan. Struktur kokoh didukung dengan material inti baja. Material yang berat menjadikan carseat ini tidak nyaman jika harus dipindah-pindahkan antar mobil. Dapat digunakan untuk pemasangan 3 carsesat dalam 1 baris untuk tipe mobil subkompak keatas.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s